Kenapa Kita Tidak Boleh Bergantung Pada Orang Lain Siapapun Itu

Kenapa Kita Tidak Boleh Bergantung Pada Orang Lain Siapapun Itu

Semua orang memiliki partnya sendiri, mereka memiliki caranya sendiri dalam menghandle segala sesuatu. Dan mereka memiliki cara sendiri dalam mengartikan segala sesuatu. Itu kenapa manusia itu sangat unik, karena mereka memiliki banyak keunikan dengan cara berpikirnya yang berbeda-beda. Dan itu membuat mereka memiliki dunia mereka sendiri. Yaitu pikiran mereka. Disitu lah dunia mereka sendiri, dimana mereka menilai dan memproses segala sesuatu informasi yang mereka dapatkan dengan cara mereka, dengan sudut pandang mereka. Dan itu berlaku pada setiap orang. 

Kenapa Kita Tidak Boleh Bergantung Pada Orang Lain Siapapun Itu

Semua orang pasti memiliki itu. Jadi wajar jika setiap orang memiliki pandangan dan pendapatnya sendiri. Karena itu, mereka memiliki caranya sendiri. Dan itu menjadikan manusia berbeda dan unik. Makanya orang yang paling mengenal diri kita adalah ya diri kita sendiri. Kita yang paling tahu soal diri kita. Kita paling tahu apa yang ada dalam diri kita, apa yang kita rasakan, apa yang kita butuhkan, apa yang kita suka apa yang kita tidak suka. Kita yang paling tahu akan hal tersebut. Jadi itu kenapa kita tidak boleh bergantung pada orang lain. Kenapa kita jangan terlalu berharap pada orang lain. 

Satu-satunya orang yang bisa kita harapkan dan kita gantungkan ya itu adalah diri kita sendiri. Karena kita paling tahu diri kita, kita paling tahu kapasitas kita, kita paling tahu apa lebih dan kurang kita. Jadi kita tahu sejauh apa kita bisa berharap pada diri kita. Pun jika yang kita harapkan tidak terjadi. Kita tidak akan terlalu sakit, karena itu adalah urusan kita dengan diri kita. Kita merasa lebih yang sudahlah, mau gimana lagi. 

Berbeda jika kita bergantung pada orang lain. Saat kita berharap pada orang lain, maka kita akan menaruh ekstra harapan disana. Kita akan memasang sebuah ekspektasi. Dan saat hal itu tidak tersampai, maka kekecewaan yang akan kalian terima. Maka akan ada perasaan kecewa dan kesal. Sehingga ada perasaan yang lebih, yang menghabiskan energi kita.