Bagaimana Cara Memperlakukan Remaja Yang Sedang Stres Mencari Jati Diri Mereka

Dr Haqqani Memberikan Latihan Metode Untuk Membantu Mengurangi Kecemasan Dan Depresi

Dalam masa mencari jati diri. Biasanya dalam usia 15 tahun-24 tahun biasanya orang-orang lagi seang mencari mana yang benar dan mana yang salah, dalam proses pengenalan. Mengenal keras kasar sebuah kehidupan. Belajar memperkuat mentalnya dalam menghadapi kehidupan yang tidaklah mudah ini. Belajar mengenal karakter orang-orang. Sehingga mereka mulai mengenal mana teman yang baik dan tidak. Mana teman yang tulus dan munafik. Sehingga di usia ini mereka akan sering jatuh bangun dalam proses menjalani kehidupan dan mengenal teman-teman mana yang bisa dijadikan sahabat.

Bagaimana Cara Memperlakukan Remaja Yang Sedang Stres Mencari Jati Diri Mereka

Dalam proses mencari jati diri memanglah tidak gampang dan bukan proses yang mudah bagi siapa pun. Jadi wajar pada masa ini akan sering orang-orang mengalami gangguan mental health. Karena akan sering mengalami stres dalam menyelesaikan masalah. Apalagi dalam masa ini akan ada banyak masalah-masalah baru yang mereka akan hadapi. Dan karena itu pertama kalinya. Jadi akan terasa sangat berat bagi mereka. Dan itulah yang membuat mereka akan cukup stres dan berat dalam menghadapinya.

Dan sebagai keluarga mereka, teman atau bahkan pasangan mereka, hendaklah kita selalu menyuport mereka. Menemani mereka dan menjadi pendengar yang baik. Dan berikan mereka motivasi dan saran yang baik bagi mereka. Dan kadang ada beberapa orang sudah tahu harus melakukan apa, harus menyelesaikannya seperti apa. Tapi karena itu adalah masa pertama kali mereka melaluinya, jadi banyak dari mereka yang mengalami kesulitan, dan butuh keberanian untuk menyelesaikan itu.

Sehingga di beberapa waktu yang mereka butuhkan adalah pendengar yang baik untuk mereka sampaikan segala keluh kesah mereka. Jadi cukuplah kita menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Jika mereka membutuhkan saran, barulah kalian memberikan saran. Dan ingat di masa seperti ini, jangan sampai kalian memberikan judge mental. Mengadili mereka atau menyalahkan mereka akan apa yang terjadi. Karena saat kalian berlaku seperti itu, yang mereka dapatkan adalah tekanan dan itu bisa membuat mereka semakin tertekan dan bisa membuat mereka semakin stres dan bisa mengalami gangguan kesehatan mental.